Wow, Begini Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki Bulukumba

Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki Bulukumba

Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki Bulukumba

Sulengka.net — Pengembangan potensi wisata di Kabupaten Bulukumba terus dilakukan. Kesadaran geliat ekonomi berbasis potensi wisata terus dilakukan, salah satunya Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki di Desa Bukit Harapan Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Wisata yang terletak 10 kilometer dari kota Kabupaten Bulukumba ini pengunjung bisa melihat lahan persawahan dan rumah penduduk Kecamatan Gantarang diketinggian.

Pengunjung juga bisa menyaksikan sunset dan sunrise di lokasi ini pada saat cuaca cerah. Kokohnya gunung Lompo Battang juga terlihat jelas. Ditempat ini pengunjung bisa berswafoto pada perahu pinisi dari bambu yang dibangun diatas bukit tepat di bibir tebing.

Penggagas pembangunan Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki di Desa Bukit Harapan, Tamrin mengatakan pengembangan potensi wisata dilakukan untuk menggali potensi dan memberdayakan warga sekitar kawasan hutan Bangkeng Buki. 

Konsep pembangunan wisata tersebut merupakan pemikiran pemuda Bangkeng Buki. Pembangunan berbasis swadaya ini melibatkan multipihak, seperti Pokdarwis Kelompok Tani Hutan (KTH) Buhunglali, pemuda desa dan perempuan desa.

“Pendanaannya swadaya, termasuk uluran tangan tokoh masyarakat di Bangkeng Buki untuk membantu makan minum pekerja,” kata dia. Sabtu, 11 April 2020.

Pembangunan wisata Pesona Alam Bonto Massailea Bangkeng Buki belum rampung. Menurut Tamrin, pembangunannya selesai 75 persen. “Ini baru satu titik, masih ada lokasi lain yang belum disentuh pembangunan,” kata dia.

Masa mendatang, pihaknya bakal mengembangkan lokasi lain di Bangkeng Buki. Pihaknya meyakini, pengembangan wisata bakal menggeliatkan ekonomi warga di Desa Bukit Harapan, khususnya di Bangkeng Buki.

Diketahui, pengunjung juga bisa membeli buah tangan ditempat tersebut. Pengelola telah menyiapkan beberapa oleh-oleh khas Bulukumba.

Tak hanya panorama alam, Bukit Harapan juga kaya dengan cerita rakyat para leluhur yang jadi pesan turun temurun tiap generasi.

Comment