Waspada, Desa Garuntungan Diterjang Angin Kencang, Pohon Tumbang Rusak Rumah Warga

Sulengka.net — Angin kencang disertai hujan pada Selasa, 23 Oktober 2021 menyebabkan pohon cengkeh dan lada di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba tumbang.

Peristiwa tersebut membuat petani di Desa Garuntungan merugi. Pasalnya kedua jenis tanaman tersebut merupakan komoditi perkebunan unggulan di desa tersebut.

Pohon cengkeh yang tumbang tersebut sudah berusia puluhan tahun. Meski demikian, angin kencang menumbangkan pohon yang memiliki buah dengan nilai ekonomi cukup tinggi itu.

Kepada sulengka.net, salah seorang warga Desa Garuntungan, Udis mengatakan, pagi ini dirinya sudah berkunjung ke lahan perkebunannya. Tak sedikit tanaman perkebunan seperti cengkeh dan merica (Lada) yang tumbang akibat angin kencang disertai hujan tersebut.

Sementara itu, Bendahara Desa Garuntungan, Muhajir menjelaskan terjangan angin kencang disertai hujan berlangsung sejak Senin lalu, tapi puncaknya pada Selasa, 23 November 2021 kemarin.

Dia melanjutkan, puluhan pohon tumbang di desanya tersebut merusak beberapa rumah warga.

“Sudah dua hari berturut turut dari hari Senin, tapi puncaknya kemarin sekitar pukul 12.45 WITA, hujan deras disertai angin dan petir yang sempat memutus aliran listrik dan baru bisa menyala tadi malam sekitar pukul 23.00 WITA,” kata dia. Rabu, 24 November 2021.

Dia menyebutkan, Dusun A’nisia sampai pagi tadi belum diketahui berapa jumlah pohon yang tumbang dan rumah yang rusak. “Karena sementara di data dan Dusun Kalimulasa ada 1 rumah yang kena. Karena yang banyak hanya pohon cengkeh milik warga yang tumbang dan sementara dari BPBD tadi sudah ada di lokasi juga untuk melihat keadaan,” kata dia.

“Kepala Desa juga sudah memerintahkan Kepala Dusun dan staf untuk mendata berapa jumlah warga yg terdampak dari musibah ini,” kata dia.

Dia berharap kejadian tersebut tidak terulang. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

Comment