Warga Borongloe Patungan Perbaiki Akses Jalan

borongloe

Warga Desa Benteng Gantarang saat memperbaiki akses jalan dengan swadaya.

Sulengka.net — Merasa tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat, puluhan warga Dusun Borongloe Timur Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang bekerja bakti memperbaiki akses jalanan. Selasa, 29 Oktober 2019.

Ruas jalan yang terhubung ke desa Balibo Kecamatan Kindang itu dalam kondisi yang cukup parah, beberapa lobang besar disepanjang jalan yang membahayakan pengendara.

“Kami kasihan melihat anak kami yang sekolah harus melewati jalan yang tidak sewajarnya di lewati oleh kendaraan, bahkan tidak sedikit yang jatuh dari motor akibat jalan yang hampir semuanya berlubang,” kata Jusman, Warga Desa Benteng Gantarang.

Jusman mengaku bahwa pembangunan perbaikan jalan sampai  ketahap sekarang itu merupakan hasil dari swadaya masyarakat.

“Kami patungan, dan alhamdulillah kami dapat mengumpulkan dana  kurang lebih tiga juta rupiah, dan dari  hasil patungan itu kami langsung belikan material bangunan seperti semen dan pasir,” kata dia.

Bahkan beberapa warga rela mengumpulkan kerikil dari sungai terdekat untuk dimanfaatkan sebagai tambahan bahan bangunan karena keterbatasan dana yang terkumpul. Jusman juga beharap agar akses jalanan tersebut dapat perhatian dari pemerintah setempat.

“Semoga pemerintah dapat menaruh perhatian  dengan kondisi jalan kami, sebelum banyak menelan korban,” kata dia.

Hal serupa diungkapkan oleh salah satu pemuda pegiat sosial di Desa Benteng Gantarang, Rahman. Dia menganggap pemerintah setempat kurang peka dalam melihat kondisi masyarakat sekitar, dia juga mengapresiasi langkah swadaya yang dilakukan  oleh masyarakat itu.

“Apa yg dilakukan oleh masyarakat sebenarnya bagus, itu salah satu bentuk gotong royong dan kepedulian terhadap kondisi Desa,” kata dia.

“Pemerintah Desa tidak peka dan tidak mampu menjawab terkait apa yg menjadi keprihatinan masyarakat tersebut, padahal sebenarnya pemerintah desa yang punya tanggung jawab terhadap pembangunan desa yg di pimpinnya”, tutup dia.

Comment