Warga Borong Loe Timur Seruduk DPRD Bulukumba di Malam Hari, Ada Apa ?

Sulengka.net — Sejumlah warga Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, seruduk ruang rapat Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba. Warga Benteng Gantarang tersebut menuntut pengaspalan jalan di Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng. Jumat, 6 Desember 2019 (malam).

Tuntutan Warga
Perwakilan warga Borong Loe Timur, Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Rahman mengungkapkan bahwa dirinya menuntut agar ruas jalan di Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng dilakukan pengaspalan di 2020 mendatang.

“Kami menuntut supaya ruas jalan di Desa Benteng Gantarang tepatnya di Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng dilakukan pengaspalan. Karena Ketua DPRD sebelumnya (Andi Hamzah Pangki) bersama Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto telah menandatangani pakta integritas dan menjamin bahwa ruas tersebut menjadi prioritas di tahun 2020,” kata Rahman.

Dia juga menuding Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bulukumba tidak melakukan peninjauan pada ruas Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng Desa Benteng Gantarang.

“Kami heran, kenapa ruas tersebut tidak masuk penganggaran. Malah yang masuk adalah ruas jalan Dusun Kantisang Desa Balibo menuju Borong Loe Timur Desa Benteng Gantarang. Padahal ruas tersebut sudah dilakukan rabat beton, sedangkan ruas Borong Loe Timur sama sekali belum pernah mendapat bantuan pengerjaan jalan sejak Indonesia merdeka,” kata dia.

Dialihkan ?
Anggota DPRD Bulukumba, Muh. Bakti juga mempertanyakan hal serupa pada Kepala Dinas PU Kabupaten Bulukumba. Bakti juga mempersoalkan tidak masuknya ruas jalan Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA).

“Dari tadi saya sudah persoalkan ini, tapi alasan anda (Dinas PU, red) keterbatasan anggaran. Kami memahami itu. Tapi kenapa pembangunan jembatan dengan anggaran 30 Miliar ada uang, tapi anda mau membangun jalan tidak ada uang, ini masalahnya pak. Anda mau membangun sport center, setengah mati cari uang. Maunya kami perhatikan juga ruas jalan ini,” tegas Muh. Bakti.

Data Base
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bulukumba, Muh. Amry mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan terkait pengaspalan jalan di Dusun Borong Loe Timur Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

“Kami sudah melakukan peninjauan. Yang ada dalam data base jalan adalah poros Kantisang Desa Balibo menuju Borong Loe Desa Benteng Gantarang, kalau ruas jalan Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng yang dimasukkan, kami khawatir tidak terealisasi, karena tidak ada dalam data base anggaran,” kata dia.

Tuntutan warga Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba tersebut diterima dengan baik oleh Dinas PUPR Kabupaten Bulukumba. Meski dalam RKA tercantum poros Kantisang Desa Balibo menuju Desa Benteng Gantarang, tapi ruas jalan yang diaspal adalah Dusun Borong Loe Timur menuju Dusun Bontobulaeng Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Setelah kesepakatan bersama tersebut dilakukan, warga Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba meninggalkan ruang rapat DPRD Kabupaten Bulukumba.

Rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pokok 2020 Kabupaten Bulukumba dilanjutkan.

Comment