VIDEO: Bencana Banjir di Bulukumba Ditengah Pandemi Covid-19

Sulengka.net — Sejumlah jalan Desa di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan terputus akibat hujan lebat yang mengakibatkan banjir. Kamis, 8 Juli 2021.

Salah satu Desa yang terdampak banjir yakni Desa Tamaona Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Akses penghubung ke Desa Orogading dan Desa Anrang terputus.

Hal tersebut membuat warga Desa atas inisiasi Kepala Desa Tamaona, Bustan melakukan gotong royong membersihkan tumpukan batu dan tanah yang menutup jalan tersebut.

Kepala Desa Tamaona, Bustan mengatakan, sekira pukul 12 malam longsor tersebut terjadi. Puncaknya pada pukul 3 dinihari.

“Air yang dari Desa Kindang banyak mengalir ke akses jalan ini. Ini karena pengairan banyak rusak,” kata Bustan.

Dengan terputusnya jalan penghubung Desa Tamaona dengan Desa Anrang mengakibatkan alat berat tidak bisa menjangkau.

“Langkah swadaya dulu, karena akses jalan untuk alat berat tidak bisa, semuanya terputus, yang saya harapkan kepada pemerintah bagaimana caranya supaya air yang masuk di Tamaona itu terbagi dua. Sehingga debitnya tidak banyak ke jalur ini. Hari ini sekira 200 orang masyarakat Desa Tamaona turun bergotong royong,” ungkap Bustan.

Sementara itu Babinsa Koramil 1411-01/Gangking , Serda Jepihal Arsyad mengatakan dengan bergotong royong sehingga jalan bisa di lalui lagi meskipun belum maksimal, setidaknya motor bisa lewat, dirinya juga telah melaporkan kejadian Lonsor ini ke KODIM 1411 Bulukumba.

“Gotong royong bersama masyarakat supaya jalan bisa di gunakan walaupun cuman motor, dan insyaallah akan ada bantuan juga dari kesatuan, karena kami sudah konfirmasi ke Kodim 1411 Bulukumba,” kata Jepihal Arsyad.

Diketahui, selain Desa Tamaona Kecamatan Kindang, sejumlah desa yang terdampak banjir diantaranya, Desa Karama Kecamatan Rilauale dan Desa Bukit Harapan Kecamatan Gantarang.

Disaat yang sama, saat ini Kabupaten Bulukumba tengah dilanda Pandemi Covid-19. Pemerintah Daerah (Pemda) telah mengeluarkan imbauan untuk pembatasan aktivitas warga di Kabupaten Bulukumba.

Comment