Tragedi Ambon, Perjuangan Keras dan Pengabdian Hamzah Pangki

Sulengka.net — Sudah dua periode Andi Hamzah Pangki menjadi penyambung lidah rakyat melalui jalur legislatif di Kabupaten Bulukumba.

Hamzah Pangki menuturkan, sukses yang diraihnya saat ini bukan hanya garis tangan, tapi juga dibarengi dengan perjuangan keras. Hal tersebut diungkapkan Hamzah Pangki saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 22 Juli 2019.

Tragedi Ambon
Hamzah menjadi salah seorang saksi dan korban tragedi Ambon, Maluku 2010 silam. Saat itu, dia bekerja di salahsatu perusahaan swasta di Ambon.

Dari peristiwa tersebut, dua security di perusahaan tempat ia bekerja meninggal dan puluhan karyawan luka-luka, termasuk dirinya yang patah tulang, tubuhnya berlumuran darah lantaran terkena sabetan parang.

Kejadian tersebut membuatnya kembali ke Bulukumba dan bekerja di pabrik kapas yang berada di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang. Saat itu kakaknya, Andi Hardi Pangki menjabat Ketua DPRD Bulukumba.

Dari ajakan kakaknya itu, Hamzah bergabung dengan Partai Golkar dan maju menjadi Caleg dapil Gantarang-Kindang tahun 2009 dan memperoleh 1.784 suara.

Karirnya semakin meningkat setelah Hamzah menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Andi Muttamar Mattotorang, sebagai Ketua DPRD berdasarkan rekomendasi dari Partai Golkar.

Pada Pileg Tahun 2014, Hamzah terpilih kembali menjadi legislator dan dipercaya menjadi Ketua DPRD Bulukumba untuk keduakalinya.

Anak Tokoh Veteran
Andi Pangki Dg Sawi atau populer dengan nama Karaeng Pangki, merupakan pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia di Bulukumba dan juga pernah menjabat sebagai kepala Kehutanan selama 38 tahun.

Andi Hamzah Pangki sering menerima nasehat dari Karaeng Pangki. Yang paling diingatnya hingga saat ini adalah soal ketegasan. Menurutnya, pantang untuk mengubah sesuatu jika bicara soal orang banyak.

“Ayah saya pernah bilang, kalau sudah bilang satu, ya satu. Pantang untuk berubah jadi dua,” kata dia.

Atas dasar tersebut membuat dirinya selalu tegas dalam mengambil kebijakan. Menurut Hamzah, nasehat orangtuanya menjadi pegangan tiap kali dia mengambil sikap.

Atas dorongan keluarga dan masyarakat, Andi Hamzah Pangki dikabarkan bakal maju di perhelatan Pilkada Bulukumba 2020 mendatang.

Data Diri
Nama: H Andi Hamzah Pangki
TTL: Bulukumba, 8 September 1973
Ayah: Andi Pangki Dg Sawi
Ibu: Hj Andi Suhra
Istri: Hj Andi Dewi Maharani
Anak: 
1. Andi Muh Randy
2. Andi Annisa Fatima As’sahra
3. Andi Nur Syahbani
4. Andi Muh Rian
5. Andi Muh Rehan

Pendidikan
1.  SD 171 Kampung Loka (1987-1990)
2. SMP Negeri 1 Bulukumba (1990-1993)
3. SMA Negeri 1 Bulukumba (1993-1995)
4. Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Jakarta (1997-2001)

Organisasi
1. Sekretaris Partai Golkar Bulukumba Tahun 2001
2. Ketua Karang Taruna Bulukumba
3. Ketua Gerakan Bela Negara Bulukumba
4. Wakil Ketua KNPI Bulukumba
5. Ketua DPD II Golkar Bulukumba
6. Ketua Purna Paskibra Bulukumba
7. Ketua DPRD Bulukumba (2014-2019)

Comment