Tingkatkan PAD, Desa Bontominasa Bakal Benahi Lintas Sektor

Sulengka.net — Desa Bontominasa Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba bakal fokus pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD). Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Bontominasa Kecamatan Bulukumpa, Lukman, Rabu 18 Agustus 2021.

Menurut Lukman, dalam mengefektifkan peningkatan PAD Bontominasa, pihaknya bakal memanfaatkan beberapa potensi desa. Dia menyebutkan bahwa salah satu yang menjadi tolak ukur dalam peningkatan PAD tersebut yakni penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami juga bakal mengembangkan objek wisata desa dan pembangunan infrastruktur penunjang seperti sarana olahraga, jalan dan drainase,” kata dia.

Pihaknya juga bakal melakukan komunikasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bulukumba dalam rangka peningkatan PAD. Dinas Perdagangan menjadi salah satu OPD yang bakal menjadi target komunikasi dalam peningkatan PAD.

“Kita bakal minta pembangunan sarana dan prasarana bagi warga yang berjualan. Ini potensi peningkatan PAD yang baik,” kata dia.

Sektor lain yang bakal dibenahi adalah bidang kesehatan. Pihaknya bakal membangun posyandu, menganggarkan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) untuk Poskesdes.

“Kita juga bakal melakukan intervensi anggaran pencegahan Stunting,” ungkapnya.

“Untuk pertanian, kami anggarkan pemberdayaan dan pengadaan pupuk organik gratis bagi petani sebagai langkah antisipasi kelangkaan pupuk,” kata dia.

Comment