Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa, STMIK Handayani Makassar Gelar Workshop Lima Bidang

Sulengka.net — Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani Makassar menggelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lima Bidang. Senin, 15 Februari 2021.

Kegiatan tersebut digelar melalui virtual via zoom dan diikuti ratusan Mahasiswa dan dosen dari berbagai kampus yang berbeda, serta beberapa dari birokrasi Kampus STMIK Handayani, Dengan membahas PKM 5 bidang diantaranya PKM Penelitian, dan Kewirausahaan.

Dalam sambutannya Ketua STMIK Handayani, Dr. Nasrullah, M.Si mengatakan bahwa program ini sangat berpeluang besar untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, terutama penulisan proposal.

“Dengan adanya workshop kali ini semoga mampu meningkatkan sumber daya manusia baik pada tingkatan mahasiswa maupun dosen,” kata dia.

Dalam workshop tersebut panitia pelaksana menghadirkan Reviewer PKM Tingkat Nasional, Herlinah, S.Kom, M.Kom selaku narasumber. herlinah menjelaskan beberapa indikator penilaian dalam penyusunan proposal PKM 2021.

Bidang PKM yang ditawarkan tahun 2021 diantaranya, Bidang Riset (PKM-R),
Bidang Kewirausahaan (PKM-K),Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), Bidang Karsa Cipta (PKM-KC), Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Menurut Herlinah ada beberapa hal yang harus dicermati dalam Program Kreatifitas Mahasiswa ini, diantaranya Program tersebut bersipat Konpetitif, dan memperhatikan kuota berdasar pemeringkatan perguruan tinggi,

“Kita harus bersaing secara sehat dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan kita untuk menghasilkan karya atau suatu produk dan perguruan tinggi juga harus memperhatikan pemeringkatannya, kalau ini ada tabulasinya yang dikeluarkan belmawa dan itu ada dalam panduan, tinggal operator perguruan tinggi bidang kemahasiswaan nantinya melakukan cek apakah kampusnya masuk diklaster mana,” kata dia.

Herlinah menambahkan bahwa program hibah kreatifitas tersebut ditawarkan setiap tahun “ini rutin, ada bagan alur yang dikeluarkan Belmawa bahwa setiap tahun ada hibah yang kita berikan kepada mahasiswa berkaitan dengan kreatifitas,” ungkap dia.

Selain itu workshop tersebut ditutup dengan pemberian sertifikat kepada narasumber secara daring oleh Ketua Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama Mirfan, S.Kom. MT., M.Kom.

Mirfan berharap kepada peserta Workshop PKM agar dapat menyelesaikan Penyusunan proposal sesuai kriteria yang dibutuhkan dan secepatnya bisa diajukan.

Comment