Tertimbun Longsor, Irigasi Benteng Palioi Butuh Alat Berat

Sulengka.net — Curah hujan yang tinggi membuat Daerah Irigasi (DI) Benteng Palioi tertimbun material longsor. Akibatnya, air tidak bisa mengaliri areal persawahan warga di Desa Benteng Palioi.

Warga Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba telah meninjau lokasi irigasi yang tertimbun material longsor tersebut.

Kepala Dusun Uluparang Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang, Herman mengatakan, pihaknya sementara melakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menimbun irigasi tersebut.

Namun menurutnya, jika mengandalkan alat manual, irigasi itu bisa selesai dalam waktu sebulan. “Karena banyak material batu besar dan pohon tumbang,” singkat dia, Senin, 12 Juli 2021.

Dia menjelaskan, sekira 30 hektare sawah di Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba bakal terdampak irigasi yang tertimbun longsor itu. Ditambah lagi, padi warga masih membutuhkan suplai air.

“Saat ini warga hanya mengandalkan curah hujan untuk mengairi sawahnya. Kami juga tetap melakukan kerja bakti seadanya,” kata dia.

Dia berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bulukumba meninjau lokasi tersebut dan ada bantuan secepatnya seperti alat berat untuk melakukan pengerukan pada irigasi yang tertimbun material longsor.

 

Comment