Tamatto Menuju Desa Digital

Ilustrasi (search digital freepik.com)

Ilustrasi (search digital freepik.com)

Sulengka.net — Optimalisasi pelayanan desa jadi salah satu fokus pengembangan Desa Tamatto Kecamatan Ujungloe. Langkah pertamanya adalah melakukan pendataan penduduk.

Kepala Desa Tamatto, Arsul Sani, Rabu, 11 Maret 2020, menjelaskan pendataan penduduk secara masif bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Menurutnya, identifikasi penduduk jadi hal utama untuk mendorong pelayanan yang baik. Digitalisasi data desa dianggapnya penting untuk memudahkan pelayanan.

Kepala Desa Tamatto, Arsul Sani

“Pendataan penduduk kami lakukan besok (red-Kamis, 12 Maret 2020). Kami memberi target dua pekan untuk menyelesaikan tugas pendataan,” kata dia.

#

Validasi data desa menjadi target. Data base penduduk dan spesifikasinya menjadi program yang bakal rampung dalam waktu dekat.

“Kami juga menyediakan platform website dan administrasi desa. Website ini nantinya bakal menyajikan rangkuman data base Desa Tamatto. Sistem informasi desa akan berjalan dengan baik jika hal ini tuntas,” kata dia.

Dia menyebut digitalisasi data desa menjadi salah satu indikator pembangunan desa. Pemetaan potensi pembangunan sumberdaya alam dan sumber daya manusia dilihat dari data base desa.

Dia berharap, digitalisasi data desa bisa rampung dalam waktu dekat. Pasalnya, Desa Tamatto bakal mengikuti lomba desa tingkat kecamatan.

Diketahui, Pemerintah Desa (Pemdes) Tamatto bekerjasama dengan salah satu penyedia jasa layanan Informasi Teknologi (IT). Ditelusuri melalui website resmi (Dpedia.id), Dpedia adalah Tehnical hardware, developer software, website, aplikasi mobile yang berpengalaman. Siap membantu rencana IT anda.

Comment