Sulit Diakses Alat Berat, Irigasi Benteng Palioi Bakal Dikerja Swadaya

Sulengka.net — Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba merespon irigasi yang longsor di Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang.

Kepala Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang, Syarifuddin mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinas PSDA Kabupaten Bulukumba. Atas dasar tersebut, Dinas PSDA melakukan kunjungan pada lokasi irigasi longsor di desanya.

Syarifuddin menjelaskan bahwa kondisi irigasi mengalami kerusakan cukup parah. Sedikitnya, 5 titik mengalami kerusakan di Daerah Irigasi (DI) Benteng Palioi.

“Tapi satu diantaranya sangat parah, karena ada sekitar 30 meter panjangnya irigasi yang longsor, ditambah tumpukan batu besar dan medannya sangat terjal,” kata dia. Selasa, 13 Juli 2021.

Ditanya soal penggunaan alat berat untuk mengeruk irigasi yang longsor tersebut, Syarifuddin mengaku bahwa Dinas PSDA saat melakukan kunjungan ke lokasi irigasi rusak itu mengatakan bahwa alat berat tidak bisa mengakses lokasi tersebut.

“Alat berat juga sangat sulit memasuki akses longsor, karena medan yang terjal sehingga akan melibatkan masyarakat dalam penanganan dan tentunya tetap di komandoi tenaga ahli dari PSDA, karena cuma itu jalan yang bisa ditempuh,” tutup Syarif.

Sebelumnya, Kepala Dusun Uluparang Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang, Herman menjelaskan bahwa perbaikan irigasi Benteng Palioi Kecamatan Kindang sedikitnya butuh waktu sebulan pengerjaan, jika tidak menggunakan alat berat.

 

Comment