Politik Pemuda dan Ruang Strategis Perkembangan Suatu Bangsa

Mahasiswa Universitas Jayabaya, Irsang

Mahasiswa Universitas Jayabaya, Irsang

Keterlibatan pemuda dalam politik merupakan hal yang urgen. Kerena pemuda membawa perubahan dinamika politik suatu bangsa dan negara, maka dari itu peran pemuda dalam konteks politik sangat penting. Seorang pemuda perlu mempersiapkan sejumlah ide atau gagasan untuk di implementasikan pada kemajuan suatu negara.

Bung Karno pernah berkata, “berikan aku 10 pemuda akan ku guncang kan dunia”. Ini bisa ditafsirkan bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan oleh Negara. Dimana proses kemerdekaan indonesia tidak terlepas dari semangat para generasi muda pada saat itu, sehingga pemuda harus berperan aktif dalam kemajuan Bangsa dan Negara.

Disisi lain seorang pemuda mempunyai daya pikir yang sangat kritis dan tajam untuk melihat sejumlah dinamika-dinamika social, sehingga keterlibatan pemuda harus diprioritaskan diberi ruang untuk merealisasikan segudang ide kritisnya untuk memperbaiki dinamika yang ada.

Selanjutnya, seorang pemuda tidak akan diragukan jiwa idealismenya, sehingga kepentingan pemikiran social diprioritaskan dari pada kepentingan kelompok atau pribadi. Disitulah nilai positif yang dimiliki seorang pemuda. Semangat pembaharuan yang menjadi tujuan utama bagi pemuda termasuk dobrakan politik sesuai perkembangan zaman. Hal tersebut tidak pernah terabaikan dalam pemikiran pemuda dalam persaingan di kancah internasional untuk menjadi sebuah Negara mandiri.

Seorang pemuda memiliki daya social yang kritis sangat kuat, dimana pemuda memiliki ideologi, ke aktivis an dan integritas yang tidak ragukan lagi, karena jiwa-jiwa itu selalu menjadi prinsip pembaharuan terhadap negara dan bangsa. Selanjutnya hanyalah memberi ruang pemuda untuk berekspresi dalam menuangkan gagasan-gagasan kreatifnya.

Penting bagi Negara membuka ruang bagi pemuda untuk berekspresi dalam menuangkan sejumlah gagasan-gagasan kritis dan kreatifnya, untuk membawa pembaharuan.

Pertanyaannya adalah apakah seorang pemuda diberikan secara prioritas ruang untuk berekspresi?

Melihat kondisi saat ini adalah ruang berekspresi seorang pemuda sedikit di diskreditkan karena dianggap membangkang, padahal dibalik semua itu pemuda memiliki jiwa kritis dan idealisme hanya untuk kepentingan social.

Coba kita lihat setiap seorang pemuda (Mahasiswa) melakukan aktivitas, kepentingan social terutama demonstran selalu dianggap hal yang negatif, padahal langkah yang tepat dilakukan oleh mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi rakyat kepada pemerintah. Tetapi gerakan-gerakan seperti itu selalu dianggap negatif oleh sejumlah golongan.

Keterlibatan pemuda atau generasi milenial dalam politik merupakan suatu langkah yang tepat, karena pemuda telah mendapatkan ruang ekspresi untuk implementasikan seluruh ide-ide kreatifnya untuk kepentingan bangsa dan Negara.

Keterlibatan pemuda dalam politik atau struktur pemerintah merupakan suatu referensi utama bagi dirinya, karena dia regenerasi pemerintahan yang akan datang, sehingga suatu keharusan seorang pemuda terlibat penuh dalam sistem pemerintahan.

Kita harus ketahui bahwa di era industrialisasi 4.0, keterlibatan pemuda dalam struktur pemerintahan sudah cukup banyak, misalnya di tataran desa.

Di beberapa desa, pemuda telah menduduki struktur pemerintahan atau menjadi kepala desa. Keterlibatan pemuda dalam dunia politik adalah langkah membangun demokrasi desa, sehingga peran pemuda sangat di butuhkan, kita harus pahami bahwa ketika seorang pemuda sudah terlibat dalam struktur desa (Kades), itu adalah suatu langkah awal desa akan maju.

Majunya Negara tergantung bagaimana desa sudah maju, sehingga desa sangat penting didorong untuk membangun demokrasi dan meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Terutama sektor pertanian dan pendidikan. Dengan demikian bagaimana kita dorong generasi muda untuk terjun langsung kedunia politik terutama didesa untuk membangun kampung.

Pemuda suatu solusi bagi bangsa, sehingga pemikiran kreatif bisa di laksanakan ketika diberi ruang ekspresi. Di sisi lain pemuda harus memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk dijadikan tempat berekspresi dengan ide-ide yang cemerlang.

Kemajuan suatu Negara bisa dilihat sejauh mana kesiapan pemuda untuk menghadapi tantangan zaman yang akan datang, seperti politik, ekonomi dan budaya. Tantangan seperti itu harus di pikirikan seorang pemuda dengan belajar kondisi politik dan ekonomi saat ini untuk menjadi referensi ketika masanya akan tiba.

Optimisme harus menjadi prinsip dasar bagi generasi melineal untuk membangun dobrakan masa depan bangsa dan Negara. Dengan prinsip itu semangat membara dalam jiwanya selalu membludak untuk memikirkan sejumlah polemik yang ada. Sehingga dengan kemampuan yang dimiliki terus mencari solusi. Pemuda harus dapat ruang. Mulai struktur pemerintah tingkat atas sampai bawah harus membuka ruang bagi generasi milineal menjadi tempat ekpresi gagasan. Pemerintah seharusnya memberdayakan kemampuan pemuda sebagai solusi sebuah polemik. Sehingga pemerintah harus berkaloborasi dalam satu tujuan bersama, karena tanpa pemuda maka masa depan bangsa dan Negara sulit untuk menjadi Negara mandiri dan maju, terutama tingkat daerah dan desa.

Semua itu harus di pikirikan oleh pemerintah bagaimana pemuda ini bisa menyumbangkan sejuta ide-ide kreatifnya dan diimplementasi untuk membangun daerah masing-masing terutama di tingkat nasional. Tantangan besar pemerintah bagaimana dia mampu merangkul pemuda untuk berkaloborasi dalam memikirkan tujuan bersama akan datang dan kepentingan masyarakat secara umumnya.

Pemuda itu memiliki segudang talenta, jiwa besar dan prinsip nasionalisme. Sehingga dengan segudang kelebihan pemuda, mestinya harus diberdayakan oleh pemerintah, bukan malah dianggap musuh.

Note: Opini yang terbit, sepenuhnya jadi tanggung jawab penulis.

Comment