Perjuangan Suherman, Disabilitas Bergerak Tanpa Batas

Suherman

Ketua PPDI Bulukumba, Suherman

Gerakan disabilitas inklusif yang dimotori oleh Suherman terus dilakukan. Meski dalam keterbatasan, Suherman tetap bergerak tanpa batas.

Sulengka.net — Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bulukumba itu, dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini, dia telah membantu ratusan disabilitas di Bulukumba.

Bantuan yang dilakukan Suherman pada disabilitas di Bulukumba diantaranya membantu mengurus administrasi kependudukan, mulai dari Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) dan Akta Lahir.

Kepeduliannya terhadap disabilitas didapatkan setelah banyak mengikuti forum diskusi yang dilakukan beberapa komunitas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bulukumba.

“Intinya saya pribadi merasa sangat termotivasi atas kepercayaan Disdukcapil untuk bermitra yang ditandai dengan penandatanganan MoU dihadapan Bupati Bulukumba dalam hal ini percepatan penerbitan identitas kependudukan bagi disabilitas, Lansia dan anak,” kata dia, Jumat, 18 Oktober 2019.

Semua hal yang dilakukannya tersebut atas dasar panggilan hati. Meski terkadang dirinya harus berkorban waktu, materi dan tenaga.

“Saya lakukan tanpa pamrih, saya lakukan ini untuk membuat saudara-saudara saya tersenyum khusususnya disabilitas. Saya memegang prinsip bahwa keterbatasan bukanlah suatu hambatan untuk terus berkarya, senyum saudaraku adalah bahagiaku,” kata dia.

Acap kali dirinya mempertanyakan implementasi Peraturan Daerah (Perda) Disabilitas Kabupaten Bulukumba yang telah disahkan.

Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba, H. Andi Hamzah Pangki mengatakan, DPRD telah memberikan porsi anggaran untuk disabilitas di Kabupaten Bulukumba. “Kami telah memberikan porsi anggaran untuk disabilitas, meski belum banyak. Seperti pengadaan kursi roda dan alat bantu disabilitas lainnya yang menjadi kebutuhan,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Suherman.

“Suherman adalah orang yang hebat. Meski dalam keterbatasan, dia masih bisa membantu disabilitas lainnya di Kabupaten Bulukumba,” kata dia.

Comment