Percepat Tracing, Pemda Bulukumba Hadirkan Mobil Combat PCR

Sulengka.net — Untuk mempercepat penelusuran (Tracing) yang terpapar virus Corona atau Covid 19, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menghadirkan Mobil Combat Polymerase Chain Reaction (PCR) atau laboratorium PCR yang akan digunakan untuk melakukan uji swab secara mobile.

Mobil Combat PCR ini diterima langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dari pihak penyedia PT Inti Darma yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan dr. Wahyuni, di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin 21 Desember 2020.

Kadis Kesehatan dr. Wahyuni mengungkapkan, anggaran pengadaan mobil PCR tersebut berasal dari Dana Intensif Daerah (DID) tambahan tahun anggaran 2020 sebesar Rp.3,5 milyar. Selain mobil PCR, pihaknya juga mengadakan mobil Promosi Kesehatan (Promkes) untuk digunakan berkeliling untuk menyampaikan pesan-pesan menjaga kesehatan, terutama dalam situasi pandemic Covid-19 saat ini.

“Mobil PCR ini akan dibackup oleh mobil Promkes, sehingga masyarakat tidak takut untuk diswab, karena hasilnya juga dapat diketahui secara cepat,” beber dr Wahyuni.

Irhas Ardiansyah dari pihak Inti Darma mengatakan pada dasarnya mobil Combat PCR ini dapat mendeteksi Covid-19 hanya butuh waktu 40 menit, tapi secara keseluruhan waktu yang digunakan kurang lebih 2 jam karena ada urusan administrasi, register dan sebagainya.

“Kami berharap dengan adanya mobil Combat PCR di Bulukumba ini, kita dapat sama-sama menekan laju Covid-19 di Kabupaten Bulukumba,” pintanya.

Sementara itu Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan kebutuhan mobil PCR ini memang sudah mendesak dan sangat dibutuhkan saat ini untuk mempercepat memperoleh hasil uji swab yang selama ini dikirim ke laboratorium Makassar.

“Hasil Swab akan cepat diketahui melalui mobil PCR ini, apalagi pasien yang statusnya harus lebih cepat mendapatkan penanganan Covid-19,” bebernya.

Dia berharap masyarakat tidak perlu takut khawatir untuk diswab. Semakin banyak orang diswab semakin mudah kita mendeteksi dan mencegah penularan virus Corona.

“Untuk mengetahui diri kita tertular Covid-19 atau tidak, maka satu-satunya cara adalah melakukan uji Swab, dan mobil PCR ini mempercepat dalam mengetahui hasilnya,” beber Bupati dua periode ini.

Untuk diketahui Mobil Combat PCR tersebut dilengkapi dengan Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2). Cara kerja Combat PCR, pada prinsipnya sama dengan test PCR tetapi karena PCR ini beroperasi secara mobile sehingga proses pemeriksaan tidak akan memakan waktu yang lama.

Comment