Pemutakhiran DPT Pilkades, Dinas PMD: Datangi Rumah Warga

SOSIALISASI PMD

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Bulukumba, Andi Mappatunru saat memberikan penjelasan pada PPKD.

Sulengka.net — Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 64 desa di Kabupaten Bulukumba mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Panitia Pilkades melakukan pemutakhiran data pemilih pada Desember mendatang selama sepekan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bulukumba, Andi Mappatunru, pada sosialisasi panitia Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di gedung PKK Kabupaten Bulukumba, Kamis, 28 November 2019.

Dia menjelaskan bahwa PPKD harus memanfaatkan waktu sepekan itu dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. “Kalau perlu datangi rumah warga,” singkat Andi Unru.

Dia memaparkan bahwa PPKD harus membagi lokasi tugas untuk mengefisienkan waktu. Selain itu, daftar pemilih tambahan juga perlu dilakukan verifikasi dengan baik.

“Kami juga mengimbau warga untuk aktif dalam proses pendataan pemilih. Misalnya, warga yang merasa dirinya memiliki hak pilih tapi belum terdaftar, segera melaporkan hal tersebut pada Kepala Dusun. Kepala dusun yang akan melakukan koordinasi dengan PPKD,” kata dia.

Dia menegaskan bahwa pengumuman DPT dilakukan di tempat yang mudah di jangkau oleh warga. Misalnya tempat ibadah.

Comment