Pemkab Bulukumba Akan Bangun Pasar Rakyat di Desa Balong

Pasar Rakyat

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto saat mengunjungi lokasi pembangunan pasar rakyat di Desa Balong Kecamatan Ujungloe.

Sulengka.net — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba akan menerima hibah dari tokoh masyarakat Desa Balong Kecamatan Ujungloe untuk penanganan Pasar Rakyat, Jum’at, 25 Oktober 2019.

Penerimaan hibah itu dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto. Pada kesempatan itu Tomy berterimakasih pada Keluarga Besar Puang Bego yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Pasar Rakyat di Desa Balong.

“Kalau Tanah yang dihibahkan untuk Pembangunan Masjid itu sudah banyak yang saya dengar, namun hari ini, ada tokoh masyarakat yang menyerahkan tanahnya untuk pembangunan pasar. Ini sesuatu yang jarang terjadi, sehingga saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba sangat terharu dengan apa yang kita lakukan hari ini. Tidak banyak keluarga seperti ini yang menghibahkan sebagian tanahnya untuk dijadikan Aset Pemerintah. Ini adalah amal jariyah yang tak ternilai harganya disisi Allah SWT,” kata Tomy.

Tomy mengaku sudah melihat dokumen hibah, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat proposal dan akan menghadap pada Bupati untuk penandatanganan yang akan di bawa ke Kementerian Perdagangan.

“Saya akan kawal ini barang, sehingga masyarakat Desa Balong bisa menggunakan pasar yang layak representatif untuk dijadikan sarana pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, Banyak Pasar Rakyat yang akan dibangun Pemkab. Tapi kendalanya soal alas hak yang tidak jelas. Dia berpesan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk mendata dengan baik pasar-pasar yang ada di desa. “Cek alas haknya, karena itu merupakan persyaratan wajib saat kita mengajukan permohonan ke pusat,” tutup Tomy.

Abdul Rahim yang mewakili keluarga besar Puang Bego menitipkan harapan besar kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk segera merealisasikan pembangunan pasar rakyat di desa balong.

“Ini adalah amanah dari keluarga kami, semoga tanah yang kami hibahkan seluas 60 x 80 meter ini dapat dilengkapi fasilitas seperti pasar rakyat lainnya yang ada di Kabupaten Bulukumba. Penyerahan Hibah ini sebenarnya telah lama kami rencanakan, namun adanya beberapa kendala teknis sehingga baru hari ini dapat kami wujudkan,” kata dia.

“Tanah ini di lengkapi sertifikat atas nama Rusman Bin Sannei yang merupakan keturunan dari Puang Bego. Rusman beserta keluarga besar telah melakukan perintisan jalan masuk menuju lokasi pasar ini, dan tembus sampai ke Desa Balleanging. Olehnya itu, dengan hadirnya pasar ini, masyarakat desa disekitar desa balong tidak perlu jauh-jauh lagi untuk ke pasar pada hari Selasa dan Jum’at, mereka cukup datang ke pasar rakyat Desa Balong,” kata dia.

Turut hadir dalam acara ini Camat Ujungloe, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Kominfo, Danramil Ujungloe, Kapolsek Ujungloe, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Masyarakat Balong.

Comment