Pemilihan Ketua PMII Bulukumba Dilakukan Diam-diam

Irmawan Salik

Irmawan Salik, Ketua Steering Committee

Sulengka.net — Polemik hasil Konfercab XIV PMII Bulukumba yang menetapkan Andi Chaidir Alif sebagai Ketua Cabang PMII, membuat Ketua Steering Committee (SC) Konfercab, Irmawan Salik angkat bicara.

Dia menyebutkan bahwa banyak hasil Konfercab XIV PMII Bulukumba yang keliru, diantaranya hanya satu SC yang hadir. “Dalam tata tertib, sekurang-kurangnya dihadiri 2 SC. Kalau hanya 1 berarti tidak quorum,” kata dia, Senin, 13 Januari 2020.

Dia juga menyesalkan sikap ketua panitia Konfercab XIV PMII Bulukumba, karena Konfercab dilakukan secara diam-diam.

“Tidak adanya pemberitahuan dari Panitia pada saya selaku Ketua SC akan dilanjutkan Konfercab kemarin. Tapi, ternyata diam-diam melakukan Konfercab tanpa sepengetahuan saya selaku Ketua SC. Malah mereka beralasan melanjutkan karena konsideran sudah ditemukan, padahal pada saat hari Jum’at sore sampai pukul 23:30 WITA saya menunggu konsideran dari panitia. Tapi alasannya hilang dan entah apakah ini betul-betul hilang atau sengaja disembunyikan, karena buktinya pada hari Sabtu, 11 Januari 2020,  tiba-tiba konsideran itu muncul kembali, suatu kondisi yang sangat lucu,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa Konfercab yang dilakukan hanya dihadiri Sekretaris SC, Siti Khadijah Budiawan dianggap keliru. Selain itu, peserta penuh tidak dilibatkan menyeluruh, seperti Komisariat STMIK Bina Adinata dan STAI Al-Gazali.

“Saya sudah koordinasi dengan PKC untuk mengambil sikap sesuai dengan aturan main lembaga kita PMII, bukan karena kepentingan yang hanya merugikan anggota PMII yang sementara berproses,” kata dia.

Sementara itu, Ketua PMII Bulukumba periode 2018-2019, Ramil Syam juga menyayangkan sikap salah satu SC dan ketua panitia, yang melanjutkan proses Konfercab secara diam-diam tanpa koordinasi pada seluruh ketua komisariat yang masuk sebagai peserta penuh dalam konfercab tersebut.

“Langkah yang diambil untuk melanjutkan Konfercab tidak sesuai dengan konstitusi PMII. Konfercab lanjutan yang terkesan dipaksa pelaksanaannya, karena SC hanya 1 orang dan Peserta penuh hanya 1 Komisariat. Forum Konfercab tersebut hukum tidak qourum,” kata dia.

Saat dihubungi via WhatsAppnya, Sekretaris SC Siti Khadijah Budiawan enggan memberi tanggapan terkait tudingan yang dilayangkan padanya, soal Konfercab XIV PMII Bulukumba (pemilihan ketua) dilakukan secara diam-diam.

Terkait pemilihan ketua pada Konfercab XIV PMII Bulukumba, Sulengka telah mencoba menghubungi
Ketua Panitia Konfercab, Saiful, pada Senin, 13 Januari 2020. Namun, ia belum memberikan respons hingga berita ini diturunkan.

Comment