Pemerintah Desa Gunturu Enggan Serahkan LPj ke BPD, Ada Apa?

Gunturu

Sekretaris BPD Gunturu Kecamatan Herlang, Ilbar.

Sulengka.net — Pemerintah Desa Gunturu Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba dituding menutup ruang komunikasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

BPD Gunturu menyayangkan sikap pemerintah desa yang enggan memberikan draf Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Desa Gunturu pada BPD, diakhir masa jabatan Kepala Desa.

Kepada Sulengka.net, Sekretaris BPD Gunturu Kecamatan Herlang, Ilbar mengatakan salah satu tugas yang diemban BPD adalah fungsi pengawasan.

Menurut Ilbar, BPD meminta LPj Desa Gunturu tahun anggaran 2019 karena beberapa pembangunan proyek desa yang anggarannya diduga tidak sesuai dengan fisik bangunan.

#

“Saya sangat menyayangkan sikap pemerintah desa. Nah, bagaimana cara kami mengawasi sementara LPj tidak mau diperlihatkan,” ungkap Ilbar.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya tidak hanya sekali meminta draf Lpj. Dirinya sudah  menghadap ke pemerintah desa. Namun hasilnya, pihak pemerintah desa tetap menolak.

“Kami sudah meminta LPj 2019 dan laporan akhir masa jabatan Kepala Desa Gunturu, Andi Ahmad Ikbal, tapi tidak diberikan oleh pemerintah desa. Sementara menurut kami, laporan tersebut seharusnya sudah masuk 6 bulan sebelum berakhir masa jabatan. Tapi sampai hari ini, belum ada laporan masuk ke BPD, Bahkan kami dari BPD sudah melakukan permintaan melalui persuratan dan menghadap langsung,” kata dia.

Dia berharap agar pemerintah desa Gunturu dapat bekerjasama dengan BPD agar BPD dapat menjalankan tugas dan fungsi pengawasannya.

“Saya berharap pemerintah desa mengedepankan keterbukaan publik dan kerjasama dengan BPD terkait LPj desa. Kami juga meminta Pemda Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Inspektorat dan Dinas PMD supaya lebih tegas terhadap proses pemeriksaan LPj akhir masa jabatan kepala desa,” kata dia.

Terkait LPj yang dipermasalahkan BPD Gunturu, Sulengka telah mencoba menghubungi Kepala Desa Gunturu, Andi Akhmad Ikbal, Kamis, 9 Januari 2020. Namun, ia belum memberikan respons hingga berita ini diturunkan.

Comment