Panorama Bulu Padido, Wisata Alam Baru di Bulukumba

Sulengka.net — Salah satu cara meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) adalah memaksimalkan potensi wisata desa. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tamatto Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, yang menggarap potensi wisata alam Bulu Padido.

Wisata alam Bulu Padido ditargetkan menjadi salah satu wisata alam terbaik di Kabupaten Bulukumba. Letaknya yang berada di wilayah perbukitan, membuat pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise.

Pada siang hari, panorama Pantai Bira dan Gunung Bawa Karaeng bisa dilihat dari Bulu Padido. Saat malam hari, gemerlap lampu kota Kabupaten Bulukumba terlihat jelas di Bulu Padido.

Kepala Desa Tamatto Kecamatan Ujungloe, Arsul Sani mengatakan bahwa panorama alam Bulu Padido bisa disaksikan di sudut 160 derajat. Selain wisata alam, di lokasi tersebut juga terdapat situs budaya Kajang.

#

Susunan batu alam yang terlihat seperti situs megalitikum menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Arsul Sani, Bulu Padido sarat dengan budaya lokal. “Saat ini kami sementara melakukan proses pengembangan. Masih banyak properti yang harus dibenahi,” kata dia, Rabu, 18 Desember 2019.

Dia menargetkan, pengembangan Bulu Padido selesai pada 30 Desember 2019. Januari 2020 mendatang, wisata alam Bulu Padido dibuka untuk umum. 

“Saat ini kami membatasi pengunjung karena beberapa fasilitas sementara dalam tahap pengerjaan. Kami sudah menyiapkan fasilitas penunjang wisata, seperti WC umum dan Mushollah,” kata dia.

Lebih spesifik Arsul Sani mengatakan bahwa di Bulu Padido terdapat rumah pohon, flying fox, kolam renang serta tempat khusus untuk mereka yang hobi camping. 

Suhu yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri di lokasi tersebut. Selain panorama alam dan fasilitas wisata yang disuguhkan tentunya.

Comment