Pandemi Covid-19, Ujian Nasional Ditiadakan

Sulengka.net — Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada dunia pendidikan, khususnya metodologi belajar anak.

Kondisi ini membuat anak tidak mampu belajar secara efektif, karena belajar secara tatap muka di sekolah ditiadakan.

Kondisi darurat tersebut membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran peniadaan Ujian Nasional (UN).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bulukumba, Akhmad Januaris mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah di Kabupaten Bulukumba terkait peniadaan Ujian Nasional (UN).

“Ini menjadi ujian Sekolah, secara teknis di kembalikan ke sekolah masing-masing,” ujarnya, Kamis, 25 Maret 2021.

Lebih spesifik Akhmad Januaris menjelaskan bahwa pihak sekolah boleh melakukan ujian sekolah secara Luring (Offline) dan Daring (Online). Sekolah harus melihat kondisi siswanya, apakah memiliki handphone atau tidak.

“Jika siswa tidak memiliki handphone, guru boleh melakukan metode Luring (Offline) dengan cara menggilir pembagian tugas dan melihat nilai harian masing-masing siswa,” kata dia.

Dia mencontohkan, siswa yang rumahnya berdekatan boleh dikumpul di satu tempat, kemudian diberi tugas dibawah pengawasan guru.

“Guru juga bisa memberikan tugas portofolio pada siswa. Misalnya rangkuman pelajaran yang telah diberikan oleh guru,” kata Akhmad Januaris.

Diketahui, ujian sekolah bagi siswa SD dan SMP rencananya bakal dihelat April mendatang, sesuai dengan kalender pendidikan.

Comment