Menemukan Hobi dari Searching YouTube

Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia

Bahrul Huda, pemuda yang menemukan hobi dan kreativitas dari Youtube.

Berawal nongkrong di Warung Kopi (Warkop) hingga coba-coba, kini hobi baru yang digelutinya itu dijadikan profesi yang bernilai ekonomi.

Sulengka.net — Bahrul Huda, pemuda asal Togambang Kelurahan Matekko Kecamatan Gantarang ini menceritakan bagaimana ia memulai usahanya.

Hobi mendadaknya itu dimulai sejak Januari 2019. Meski memiliki banyak kendala, ia terus berusaha untuk melukis diatas kanvas kayu. Lukisan bara jadi sebutan atas karyanya itu.

Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bulukumba ini membuat alat lukisnya sendiri. “Cara belajar saya juga otodidak. Yang penting semangat dan usaha itu saja sudah cukup,” kata dia, Sabtu, 21 September 2019.

Riwayat ia mengenal lukisan bara pada saat suntuk nongkrong di Warkop. Mulai dari pagi hingga malam. Hal tersebut terulang hingga membuat ia mencari alternatif di YouTube.

“Saya searching di YouTube, nah disitu saya tertarik dengan lukisan bara. Awalnya saya hanya coba-coba saja,” kata Bahrul.

Tidak sedikit waktu yang diluangkan pria gondrong ini, sekitar 6 bulan lamanya hingga ia mahir melukis diatas kanvas kayu. Perjuangannya selama ini ini telah membuahkan hasil.

Sudah ada orderan yang diterimanya melalui sosial media. Jika tidak ada orderan, sesekali ia melukis tokoh nasional di republik ini, seperti Presiden pertama RI, Soekarno, Gusdur dan masih banyak lagi.

“Belum banyak yang order, hanya saja sudah ada dan itu harus disyukuri. Biasanya saya order lukisan, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu,” kata dia.

Suka duka juga menyelimuti hobi barunya itu. Menurutnya, hingga kini, alat lukisnya masih dalam tahap pengembangan.

“Masih belum maksimal, karena alat lukis saya masih dalam tahap pengembangan. Saya bikin sendiri alatnya,” kata dia.

Comment