Melihat Program Pembangunan Prioritas Desa Bontominasa 2021

Sulengka.net — Pemerintah Desa Bontominasa Kecamatan Bulukumpa telah membuat rencana pembangunan fisik dan nonfisik. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Bontominasa, Lukman, Jumat, 11 Desember 2020.

Menurut Lukman, pihaknya bakal menambah modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja BUMDes di desanya.

“Selama ini BUMDes berjalan kurang maksimal, makanya kami tambah modal untuk unit usaha baru,” kata dia.

Pembangunan lain yang juga direncanakan oleh Pemerintah Desa Bontominasa adalah pengerjaan Taman Lapangan Sepakbola dan Pembangunan Baruga Pentas Seni multifungsi.

Baruga yang menjadi rancangannya tersebut, selain jadi panggung seni, tempat itu juga digunakan sebagai perpustakaan dan taman baca desa.

Lebih jauh Lukman mengatakan bahwa akses desa juga jadi prioritas, seperti pembangunan paving blok di Dusun Buhung Tellue dan pengerjaan Tanggul Jembatan penghubung Balangriri ke Dusun Lembang Nyora dan Dusun Tapalisu.

Di bidang kesehatan, Lukman menjelaskan bahwa pembangunan Posyandu Dusun Tapalisu juga bakal digenjot pada 2021. Pembangunan Posyandu tersebut diharap bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di desanya.

“Selain itu, kami juga akan fokus pada penanganan pencegahan Stunting di Desa Bajiminasa. Karena desa kami masuk dalam salah satu desa sebagai lokasi Stunting di Kabupaten Bulukumba,” kata dia.

Dia berharap penggunaan anggaran dana desa tetap mengedepankan program yang masuk dalam skala prioritas dan sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kami tidak bisa pungkiri, kalau kebutuhan masyarakat sangatlah kompleks. Namun kita melihat dulu yang masuk dalam prioritas karena ADD dan BDD juga terbatas, jadi kami lakukan bertahap,” kata dia.

“Jadi kami mohon masyarakat agar bersabar, karena tidak mungkin kami bisa lakukan dan realisasikan semua keinginan masyarakat. Kami juga meminta saran dari masyarakat yang membangun, untuk kemajuan masyarakat Desa Bontominasa,” tutup Lukman.

Comment