Kurangi Pengangguran di Desa, Desa Seppang Optimalkan Bank Sampah

Sulengka.net — Kepala Desa Seppang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, Samsu, Selasa, 12 Januari 2021 di ruang kerjanya mengatakan bahwa, pihaknya bakal mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan non organik di desanya. Bank Sampah akan dimaksimalkan dengan melibatkan pemuda desa.

Dia menjelaskan, pihaknya memprioritaskan pemberdayaan pemuda desa. 2021 ini, Pemuda di desanya akan dibuatkan unit usaha untuk menangani sampah di desa.

“Bank sampah ini telah dirancang sejak 2019 lalu. Tahun ini kita akan fasilitasi bank sampah tersebut dengan pabrik pengelolaan sampah,” kata dia.

Lebih lanjut, Samsu mengatakan bahwa pengelolaan sampah tersebut akan memberikan dampak positif pada lingkungan di desanya. Selain itu, hasil dari pengelolaan sampah tersebut bakan menghasilkan pupuk organik, yang akan dimanfaatkan kembali oleh warga desa.

“Dana untuk pengadaan pabrik sampah tersebut diambil dari dana desa. Jumlahnya sekira 200 juta rupiah. Hasil dari pengelolaan sampah ini nantinya jadi pendapatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” kata dia.

Menurutnya, ide Bank Sampah tersebut berawal dari kesadaran pemuda desa terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan keberlanjutan ekosistem.

“Jika Bank Sampah ini berjalan dengan baik maka kebersihan lingkungan desa akan terjamin dengan baik. Selain itu, Bank Sampah ini juga diharap bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa,” kata dia.

Samsu berharap, Bank Sampah tersebut bisa membuka banyak lapangan pekerjaan untuk warga desa yang sedang mencari kerja. Jika berjalan dengan baik, Bank Sampah tersebut  bisa mengurangi tingkat pengangguran di desa.

Comment