Konfercab XIV PMII Bulukumba, Keberlanjutan Merangkai Gerakan Satukan Perbedaan

Konfercab

Pembukaan Konfercab XIV PMII Kabupaten Bulukumba di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Sulengka.net — Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan salah satu organisasi ekstra mahasiswa di Indonesia. Organisasi yang berhaluan Ahlusunah Wal Jama’ah tersebut memiliki di 230 Cabang di Indonesia dan luar negeri.

PMII Bulukumba menjadi salah satu cabang aktif melakukan kaderisasi. Saat ini PMII Bulukumba memiliki ratusan anggota yang tersebar di beberapa perguruan tinggi.

Untuk melanjutkan kepemimpinan dalam organisasi, Kamis, 9 Januari 2020, organisasi tersebut menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) XIV, dengan tema, Satu Cita: Merangkai Gerakan Menyatukan Perbedaan. Diketahui, Konfercab merupakan musyawarah tertinggi tingkat cabang.

Selain memilih Ketua Cabang, dalam Konfercab juga dilakukan penyusunan program kerja cabang dalam rangka pelaksanaan program kerja umum dan kebijakan PMII.

Konfercab XIV PMII Bulukumba ini mengusung dua calon ketua cabang, yang sebelumnya telah melakukan proses verifikasi administrasi sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PMII.

Kedua calon tersebut yakni Alfian Handani dari Komisariat STMIK Bina Adinata dan Andi Chaidir Alif dari Komisariat UMB. Keduanya bakal bertarung memperebutkan suara dari perwakilan tiga komisariat yang menjadi peserta penuh dalam Konfercab. Yakni, Komisariat STMIK Bina Adinata, Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) dan STAI Al-Gazali Bulukumba.

Ketua Panitia Konfercab XIV PMII Bulukumba, Saiful berharap kegiatan tersebut berjalan dengan baik. Dia juga menjelaskan alasan sehingga Konfercab XIV PMII Bulukumba kali ini mengusung tema Satu Cita: Merangkai Gerakan Menyatukan Perbedaan.

“Kami mengusung tema tersebut dengan melihat kondisi berbangsa dan bernegara. Perbedaan cenderung dijadikan salah satu isu hangat untuk menyulut perpecahan. Diharapkan dengan semangat Satu Cita: Merangkai Gerakan Menyatukan Perbedaan, PMII Bulukumba menjadi salah satu corong perekat perbedaan,” kata dia.

Diketahui, pembukaan Konfercab XIV PMII bertempat di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba itu dihadiri Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, Kapolres Bulukumba dan Dandim 1411 Bulukumba serta para kader PMII di Kabupaten Bulukumba.

Proses Konfercab XIV PMII kemudian dilanjutkan di Gedung UPTD Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Pusat Pelayanan Sosial Bina Karya (PPSBK), Desa Paenre Lompoe Kecamatan Gantarang.

Comment