Kolaborasi Multi Sektor, Tekan Angka Pengangguran di Bulukumba

Sulengka.net — Pengangguran masih jadi problem yang tak kunjung selesai. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia dianggap jadi salah satu penyebabnya.

Bulukumba merupakan kabupaten yang memiliki banyak sumberdaya manusia. Pemerintah diharap mampu melihat kondisi tersebut untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Bulukumba.

Korwil Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan, Sappewali Kutong pada sulengka.net, Sabtu, 10 April 2020 mengatakan bahwa Bulukumba harus dilihat secara utuh, terutama potensi kaum muda yang membutuhkan perhatian khusus dalam konteks profesi.

“Bupati harus melihat dengan jeli kondisi Bulukumba. Kita butuh pekerjaan yang real,” kata dia.

Sappewali melanjutkan, banyak pemuda di Kabupaten Bulukumba yang membutuhkan peningkatan pengetahuan terkait IT. Dia mendorong pemerintah untuk melakukan peningkatan kapasitas pengetahuan IT untuk mendorong sumberdaya manusia yang berkualitas.

“Pemuda butuh skill. Bulukumba termasuk daerah yang maju karena memiliki satu kampus IT. Belum lagi kampus kesehatan dan pendidikan,” kata dia.

Dia berharap pemerintah membangun kolaborasi multi pihak untuk membangun sumberdaya manusia. Hal tersebut dilakukan supaya para pemuda tidak lagi berstatus pekerja berat, tapi lebih pada profesional dengan mengedepankan keahlian yang dimiliki.

Comment