Kisah Tomy, 6 Tahun Jalan Kaki ke Sekolah

Meraih kesuksesan tidaklah mudah, hal tersebut dirasakan oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto saat menempuh pendidikan ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sulengka.net — Sosok pria berkacamata itu menceritakan bagaimana dirinya harus bersusah payah menempuh pendidikan di kampung halamannya. Dia harus berjalan kaki ke sekolah selama enam tahun. Namun hal tersebut tidak membuatnya menyerah untuk menempuh pendidikan.

Sejauh 3,5 kilometer dirinya harus berjalan kaki menuju sekolahnya pada saat SMP. Seperti anak pada umumnya, dia juga mengikuti kegiatan seperti les Bahasa Inggris disekolah dan bermain bola pada saat waktu luang. Dia juga mengaku sering memetik cengkeh, memikul air dari sumur pada saat musim kemarau untuk membantu orangtuanya.

Meski ayahnya menjabat sebagai Kepala Lingkungan di Kelurahan Balasaraja Kecamatan Bulukumpa dimasa itu, dia tetap di didik disiplin. Apalagi pada saat dirinya tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR). “Di sekolah kalau saya melanggar, guru juga melakukan tindakan disiplin memukul betis saya dengan penggaris, orang tua saya tetap mendukung dan mensupport tindakan disiplin guru saya,” ungkap Tomy saat menjadi narasumber di Program Sulengka Cempaka, Senin, 7 Oktober 2019 lalu.

Cita-citanya sebagai dokter pun rencana akan diwujudkannya. Dia mendaftar disalahsatu perguruan tinggi dan gagal. Tomy mengaku tidak mempersiapkan segala sesuatunya. Setelah itu dia tidak melanjutkan pendidikan selama setahun. Kesedihan pun menyelimutinya, ditahun yang sama ibunda tercintanya berpulang.

Saat itulah Tomy berbenah. Dia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tanpa berharap banyak dari orangtuanya. “Ayah mendukung niat saya melanjutkan kuliah, dengan catatan keluarga membantu hingga Sarjana (S1), selanjutnya dibebankan pada saya. Saya juga tidak boleh lagi menuntut warisan. Saya masih ingat betul kata ayah bahwa warisan dariku telah kutanam dalam pikiranmu,” kata Tomy.

Dia mengakui jika capaiannya saat ini berkat perjalanan panjang yang dilaluinya. Tomy saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Bulukumba, dan akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bulukumba 2020 mendatang.

Comment