Kerjasama Pengadilan Agama, Pemdes Benteng Palioi Permudah Urus Buku Nikah

Sulengka.net — Dalam rangka mempermudah pengurusan buku nikah bagi masyarakat yang belum memiliki buku nikah, dan yang sudah lama menikah, juga warga yang menikah di luar negeri yang tidak memiliki buku nikah, Pemerintah Desa (PEMDES) Benteng Palioi bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Bulukumba melakukan sidang Isbath Nikah di Aula kantor Desa pada hari Jumat, 25 Juni 2021.

Kepada Sulengka.net Kepala Desa Benteng Palioi, Syarifuddin mengatakan bahwa hal yang dilakukannya itu menjadi keharusan pihaknya dalam rangka memperhatikan dan memfasilitasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kalau di masyarakat masih banyak warga yang sudah puluhan tahun sudah menikah tapi tidak punya buku nikah, dan ada pula yang menikah di luar negeri dan juga tidak punya buku nikah ini menjadi kegelisahan bagi saya sebagai Kepala Desa karena banyak masyarakat datang ke kantor melaporkan hal itu,” ungkap Syarif Sabtu, 26 Juni 2021.

Dia menyebutkan bahwa buku nikah termasuk salah satu persyaratan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ketika anak mendaftar sekolah.

“Apalagi banyak sekali urusan yang harus menjadi persyaratan adalah buku nikah, berangkat umroh, urus KK atau akta kelahiran dan yang lainya semua butuh buku nikah, maka lapor masyarakat inilah yang membuat saya gelisah sehingga menghadap ke pak sekertaris pengadilan Agama mengenai persoalan ini,” kata dia.

Lebih lanjut lagi Syarif mengatakan sangat berterima kasih kepada pengadilan Agama atas kerja samanya atas bantuannya melakukan sidang isbath terhadap warganya yang belum memiliki buku nikah.

“Ada 13 pasang warga saya yang di sidang isbath di Kantor Desa, ada yang menikahnya di luar negeri ada juga yang sudah belasan tahun yang sudah menikah tapi belum punya buku nikah dan ucapan terimakasih kami ucapkan kepada Ketua Pengadilan Agama beserta jajarannya atas respon cepat terkait persoalan ini,” tutup Syarif.

Comment