Kaderisasi Pradja Muda Gerakan Pramuka Terus Dilakukan

Praja

Proses kaderisasi dalam Gerakan Pramuka SMAN 8 Bulukumba

Sulengka.net — Gerakan Pramuka merupakan organisasi ekstrakulikuler yang turut dalam pengembangan dan pembinaan karakter siswa.

Organisasi kepanduan yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX atau Gusti Raden Mas Dorodjatun itu telah menjadi organisasi ektra wajib di sekolah.

Gerakan Pramuka terbagi empat tingkatan, yakni Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Gerakan Pramuka ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bernama Pramuka Penegak. Gerakan Pramuka di sekolah menjadi salah satu penunjang peningkatan kualitas pendidikan.

Proses kaderisasi dalam Gerakan Pramuka terus berlanjut. Gerakan Pramuka SMAN 8 Bulukumba belum lama ini menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dengan agenda pergantian pengurus.

Kepala UPT SMAN 8 Bulukumba, Jasman mengatakan nama Ambalan Pramuka di sekolahnya yakni Ambalan Ambo Juang (Putra) dan Indo Juang (Putri).

“Persami 11 hingga 12 Januari 2020 itu juga membahas program kerja setahun kedepan, demi menciptakan pengembangan dan pembinaan pramuka yang berkelanjutan untuk menghasilkan program yang lebih kreatif, inovatif dan bermutu,” kata dia, Kamis, 16 Januari 2020.

Dia berharap, Persami dapat dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan Pradja Muda yang berkarakter, cerdas serta berprestasi sehingga gilirannya gugus depan Ambalan Ambo’ Juang dan Indo’ Juang SMAN 8 Bulukumba dapat menjadi andalan di Sulawesi Selatan.

Comment