HM21 Siapkan Asuransi Pertanian Rp6 Juta Per Hektar Untuk Petani, Rp10 Juta Untuk Peternak

Sulengka.net — Pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Bulukumba nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking atau HM21 akan menerapkan asuransi pertanian secara merata di kabupaten Bulukumba jika terpilih pada Pilkada Bulukumba 9 Desember 2020 mendatang.

“Asuransi pertanian sangat diperlukan untuk menanggulangi kerugian sektor pertanian seperti gagal panen bila disebabkan faktor alam seperti cuaca. Kami (HM21) sudah antisipasi hal tersebut menyiapkan asuransi sebesar Rp.6 Juta perhektar demi masyarakat Bulukumba, supaya menggantikan tenaga bapak-bapak yang sudah capek-capek menanam tapi tidak ada hasil,” kata Andi Hamzah Pangki saat menyapa pendukungnya dalam kegiatan sosialisasi di desa Polewali, kecamatan Gantarang, Kamis (26/11/2020).

Ia melanjutkan, petani yang gagal panen bisa memulai usahanya kembali dari pembayaran klaim karena mereka akan mendapat ganti sebesar Rp 6 juta per hektar lahan.

“Saat kemarau, petani harus bisa mengantisipasi agar tidak terjadi kekeringan. Saat musim hujan, banjir bisa mengancam. Fenomena alam itu bisa dihadapi jika prasarana dan sarana siap, serta sesuai. Asuransi ini hanya salah satu upaya HM21, yang terpenting kami akan berbuat banyak untuk masyarakat khususnya petani,” tambah Hamzah Pangki.

Tak hanya untuk petani. Peternak pun akan terlindungi dengan asuransi itu. Ia mencontohkan, jika ada sapi peternak yang mati atau sakit, masyarakat akan mendapat asuransi sebesar Rp 10 juta untuk membeli sapi lagi.

“Semisal Sapi nya bapak-ibu mati tiba-tiba atau tak sengaja minum racun, kita juga sudah siapkan program antisipasi yaitu asuransi sebesar Rp. 10 juta. Kasian masyarakat sudah pelihara sapinya 1 sampai 2 tahun atau lebih lalu mati karena kehendak yang kuasa maka kita gantikan dengan program asuransi,” jelas Hamzah Pangki.

Tak sampai disitu, bantuan hewan ternak juga digagas HM21 dengan menyediakan 25 ekor sapi dan 10 sampai 15 ekor Kambing untuk kelompok tani akan dibagikan per kelompoknya.

“Bantuan hewan ternak juga akan HM21 siapkan nantinya, dalam bentuk kelompok. 25 ekor per kelompok, kambing 10 sampai 15 ekor juga per kelompoknya. Karena Kenapa, ini betul demi kesejahteraan masyarakat. Saya tidak mau masyarakat tidak sejahtera dibawah pemerintahan HM21,” pungkas Hamzah Pangki.

Comment