Harga Menjanjikan, Pencurian Tire (Porang) Semakin Marak

Imbauan tidak mengambil Tire (Porang) di salah satu kebun warga di Garuntungan [Kolase Sulengka.net]

Imbauan tidak mengambil Tire (Porang) di salah satu kebun warga Garuntungan [Kolase Sulengka.net]

Sulengka.net — Tire (Porang) adalah tanaman penghasil umbi yang bernilai jual tinggi. Tak heran, tanaman yang tumbuh liar di kebun warga ini mulai dibudidaya.

Di desa Garuntungan Kecamatan Kindang misalnya, warganya sudah mulai melakukan budidaya tanaman Tire (Porang). Harga yang menjanjikan membuat warga berlomba untuk mendapatkan bibit tanaman tersebut.

Harga yang menjanjikan itu menyebabkan maraknya pencurian Tire (Porang) di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang. Hal tersebut membuat pemerintah desa mengeluarkan surat penyampaian pada warga.

Surat yang dikeluarkan pemerintah desa Garuntungan tertanggal 10 Januari 2020 itu berisi imbauan supaya warga tidak mengambil Tire (Porang) yang bukan hak miliknya.

Salah seorang warga Desa Garuntungan Kecamatan Kindang, Muhajir mengatakan bahwa harga Tire (Porang) saat ini mencapai Rp. 7.500 per kilogram.

“Pemerintah desa mengeluarkan surat imbauan pada warga karena maraknya pencurian Tire,” kata dia, Minggu, 12 Januari 2020.

Dia berharap, dengan surat imbauan tersebut, tidak ada lagi warga yang mengambil tanaman Tire (Porang) yang bukan miliknya.

“Harapanku semoga tidak ada lagi warga yang mengeluh kehilangan tirenya, karena Tire ini sudah menjadi tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat Desa Garuntungan,” harap Muhajir.

Comment