Gali Potensi Desa, Orogading Bakal Kembangkan Website

Kepala Desa Orogading

Pemerintah Desa Orogading Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba sementara melakukan fokus Pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM).

Sulengka.net — Kepala Desa Orogading, Muhammad Nasir mengatakan, sukses dalam membangun desa dapat dilihat dari berbagi aspek, tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur semata, tapi sukses dalam pemerintahan dapat dilihat dari kapasitas SDM yang dimiliki masyarakat.

“Meski infrastruktur dibangun dimana-mana, tapi kalau sumber daya manusia masyarakat kita lemah, maka semua pembangunan infrastruktur itu tidak akan mampu dimanfaatkan dengan baik,” kata dia., Kamis, 3 Oktober 2019.

Kepala desa yang hobi olahraga voli itu menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur sudah dilakukan dalam pemerintahannya, seperti jalan tani dan infrastruktur lainnya.

“Kedepan kami akan lebih fokus pada pengembangan SDM, jika SDM kita maju maka lebih mudah menggali potensi yang ada di desa,” kata dia.

Selain pengembangan SDM, pihaknya juga akan memprogramkan Aplikasi Sistem Kependudukan dan Administrasi Desa Berbasis Website (SIMDES). Pasalnya, jika menggunakan aplikasi, memudahkan pemerintah desa dalam mengelolah data dan menggali potensi desa.

“Dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui potensi desa berbasis data valid. Mulai dari data statistik angka kemiskinan, riwayat penyakit, luas lahan pertanian, perkebunan, bahkan sampai pada jumlah ternak yang dimiliki warga, serta peta tropis wilayah desa,” kata dia.

Dia juga menambahkan, menggunakan program aplikasi SIMDES akan lebih mengefisienkan masyarakat dalam mengurus administrasi desa. Pemanfaatan dana desa juga akan transparan.

“Masyarakat nanti tidak lagi menunggu lama jika mau urus surat-surat di kantor, karena satu klik langsung tercetak, dan di aplikasi ini juga nanti akan tercover pengelolahan dana desa secara transparansi, dan dapat diakses melalui website atau online,” kata dia.

Diketahui bahwa, dalam kepemimpinan Muhammad Nasir, Desa Orogading pernah menyabet juara III lomba pengelolahan dan transparansi dana desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2018.

Comment