Gairahkan Potensi Wisata dan Ekonomi Nelayan Turungan Beru

H. Andi Muchtar Ali Yusuf (tengah) saat berfoto dengan nelayan Turungang Beru Kelurahan Bontokamase Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba.

H. Andi Muchtar Ali Yusuf (ketiga dari kiri) saat berfoto dengan nelayan Turungang Beru Kelurahan Bontokamase Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba.

Sulengka.net — Potensi wilayah pantai di Kabupaten Bulukumba cukup menjanjikan, mulai dari potensi wisata dan geliat ekonomi nelayan melalui pengelolaan potensi sumberdaya laut.

Hal tersebut diungkapkan oleh H. Andi Muchtar Ali Yusuf saat bertemu dengan nelayan Turungan Beru Kelurahan Bontokamase Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba.

Pada kesempatan tersebut, Andi Utta’ sapaan akrab H. Andi Muchtar Ali Yusuf menceritakan bahwa dirinya lahir di wilayah Tanete Kecamatan Bulukumpa. Namun, CEO PT Amaly Grup ini mengaku bahwa dia hobi memancing.

Dia juga memiliki kapal (Perahu), sehingga mengetahui bagaimana kehidupan nelayan. Dia menyebutkan bahwasanya pengelolaan ikan di wilayah Turungan Beru harus dilakukan dengan baik.

“Saya biasa berkunjung ke beberapa negara yang memiliki pengelolaan ikan yang baik. Ini nantinya akan kita implementasikan di Turungan Beru. Kita belajar proses pengelolaan ikan kemudian kita eksport,” kata dia.

Dia melanjutkan bahwa, yang terpenting adalah meningkatkan pola pikir, supaya berimplikasi baik pada ekonomi keluarga dan berdampak baik pada lingkungan sekitar.

Disisi lain, kata Andi Utta’, potensi wisata di Turungan Beru cukup menjanjikan. Panorama alam dan warga yang ramah bisa menjadi daya tarik tersendiri.

“Kita juga harus tahu bahwa salah satu wilayah sehat itu ada di pantai. Udara pantai yang bebas polusi bisa menjadi terapi bagi mereka yang penat dengan udara kota,” kata dia, Kamis, 16 Januari 2020 lalu.

Sementara itu, H. Andi Adil mengapresiasi niat H. Andi Muchtar Ali Yusuf untuk membangun Bulukumba. “Ini akan berdampak baik pada warga di Turungang Beru yang bekerja sebagai nelayan,” kata warga Turungan Beru itu.

Pasang

Comment