Festival Panen Raya Rakyat Butta Lompoa Kindang Bakal Tampilkan Appa’tena dan Mappadendang

Kindang

Panitia Pelaksana Festival Panen Raya Rakyat Butta Lompoa Kindang.

Sulengka.net — Festival Panen Raya Rakyat Butta Lompoa akan digelar di Cafe Sawah Kelurahan Borong Rappoa Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 hingga tanggal 01 Desember 2019 dengan slogan “Mari jaga bumi, rawat tradisi”. 

Festival ini merupakan pesta panen raya rakyat butta Lompoa setelah semua komoditi atau hasil bumi seperti kopi, cengkeh, danĀ  padi telah dipanen, festival pesta panen raya ini juga merupakan wujud syukur dan suka cita kepada Tuhan.

Sirajuddin selaku Ketua Panitia festival mengungkapkan bahwa, target yang ingin dicapai adalah mempererat kembali silaturahmi khusunya masyarakat Kecamatan Kindang, supaya tak ada lagi sekat pembeda baik itu para pemuda-pemudi, organisasi-organisasi yang ada di Kecamatan Kindang.

“Selain itu kegiatan ini juga memperkenalkan kepada khalayak umum bahwa di Kecamatan Kindang ada banyak tempat yang tak kalah menariknya dari daerah lain,” kata dia.

Kegiatan festival ini dilaksanankan oleh pemuda Kecamatan kindang melalui pemerintah Kecamatan Kindang dan pemerintah Kelurahan Borong Rappoa  serta pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama dengan DPRD Kabupaten Bulukumba.

Sirajuddin mengatakan, peserta Festival ini terbuka untuk umum, khususnya seluruh warga masyarakat Kecamatan Kindang dan terbuka untuk semua organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada festival panen raya Rakyat Butta Lompoa adalah, Appa’tena, Mappadendang, Sangrai kopi tradisional, Musik tradisional, lomba foto instagram, lomba layang-layang, dialog UKM dan penyuluhan ikan.

Sirajuddin berharap, silaturahmi masyarakat Kindang  bisa melestarikan  kearifan lokal untuk membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para pemuda.

Comment