Dinas PMD Bulukumba, Jika Terbukti, Pemilihan BPD akan Diulang

Sulengka.net — Puluhan warga mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) terkait aduan pemilihan BPD di Bulukumba, Selasa, 25 Juni 2019.

Salah seorang warga Desa Lolisang Kecamatan Kajang, Reskiwati di Kantor Dinas PMD mengaku dirugikan dengan tindakan tidak netral para panitia pelaksana pemilihan anggota BPD.

“Saya sangat kecewa, dan hari ini saya ke kantor PMD dan tidak mengikuti lagi proses pemilihan di desa karena panitia tidak netral, mulai dari tahapan perekrutan sampai penentuan pemilih. Bahkan jadwal pemilihan tidak sesuai jadwal yang disepakati, panitia memulai pemilihan sebelum jam yang disepakati sebelumnya,” kata dia.

Pihak PMD yang ditemui oleh Jurnalis Sulengka.net disela-selah penerimaan laporan aduan Kabid Pemdes Dinas PMD Bulukumba, A.Maputunru, membenarkan banyaknya aduan dari warga desa.

Dia mengungkapkan, jika laporan yang masuk sudah ditindaklanjuti dengan bersurat pihak kecamatan.

“Terkait banyaknya laporan dari berbagai desa yang melaksanakan pemilihan BPD melalui Kantor PMD saat ini sudah kami tindaki dengan menyurati masing-masing camat, dengan maksud menghimbau kepada camat untuk mengacu pada Perda yang ada, dalam rangka menyelesaikan permasalahan terkait pemilihan BPD,” tuturnya.

A.Maputunru menegaskan jika panitia pelaksana pemilihan BPD terbukti tidak melaksanakan pemilihan sesuai Juknis, pihaknya akan membatalkan hasil pemilihan BPD.

“Jika panitia terbukti tidak bekerja sesuai mekanisme, baik itu Perbup tentunya kami akan membatalkan hasil-hasil yang ada dilapangan, karena kami anggap belum final pemilihan di tingkat desa. Adapun sangsi yang kemungkinan kami berikan kepada panitia jika terbukti bermasalah adalah sangsi administratif yakni pembatalan hasil pemilihan BPD, untuk hukuman pidananya saya rasa lain alurnya karena ada pihak yang lebih berwenang,” kata dia.

Aduan masyarakat dan calon anggota BPD yang kecewa kepada Panitia pemilihan BPD, pihaknya akan melakukan evaluasi panitia pelaksana.

“Terkait kekecewaan masyarakat terkait pemilihan BPD tahun ini, itu akan menjadi PR buat kami di PMD. Karena kalau kami lihat, rata-rata aduan yang masuk itu karena masih ada panitia yang mungkin belum paham juknis yang ada, sehingga kedepannya perlu sosialisasi, rapat kordinasi harus ditingkatkan kepada panitia,” tutup dia.

Comment