Bungkam Flamengo 1-0, Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub 2019

Liverpol

Doc FB Liverpool FC

Sulengka.net–Liverpool merengkuh trofi Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan Flamengo pada laga final. The Reds menang 1-0 dalam laga di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu, 22 Desember 2019 dini hari WIB.

Gol kemenangan Liverpool ke gawang Flamengo dicetak Roberto Firmino. Gol tersebut tercipta pada babak perpanjangan waktu, tepatnya di menit ke-99.

Liverpool langsung tampil menekan begitu bola digulirkan. Pertandingan belum berumur semenit, The Reds nyaris mencetak gol pertama. Berawal dari umpan dari tengah lapangan, bola diterima Roberto Firmino di kotak penalti. Dengan sedikit kontrol, penyerang asal Brasil itu tendangan kaki kanan yang sayang melayang di atas mistar gawang.

Liverpool kembali mendapat peluang mencetak gol, kali ini lewat Naby Keita. Menerima umpan matang dari Mohamed Salah, Keita lantas melepaskan tendangan keras tipis di luar kotak penalti. Sayang, bola masih melambung di atas gawang Flamengo.

Flamengo yang terus ditekan di 10 menit pertama ternyata tidak panik. Secara perlahan, pasukan Jorge Jesus itu mampu lepas dari tekanan. Bahkan, serangan balik lewat umpan-umpan jauh yang dilancarkan Gabriel barbosa dan kawan-kawan sangat merepotkan lini pertahanan Liverpool.

Di menit ke-20, Flamengo mengancam melalui Barbosa di sisi kiri pertahanan Liverpool. Sayang, umpannya ke kotak penalti tidak ada yang menyambut.

Enam menit kemudian, Flamengo kembali mengancam, kali ini dari sisi kanan pertahanan Liverpool. Tapi, Joseph Gomez dengan sigap bisa memblok tendangan Bruno Henrique hingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk Flamengo.

Jual beli serangan terus dilancarkan Liverpool dan Flamengo. Akan tetapi, hingga 45 menit pertama selesai, tidak ada gol yang tercipta.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, Liverpool kembali langsung menekan pertahanan Flamengo. Di menit ke-47, peluang emas kembali didapat Firmino.

Menerima umpan Jordan Henderson di kotak penalti, ia mengecoh bek Flamengo sebelum melepaskan tendangan kaki kiri. Tetapi, bola masih membentur tiang gawang dan keluar lapangan. Firmino pun tampak kecewa.

Dua menit kemudian, giliran Salah yang mendapatkan peluang. Sayang, tendangan kaki kirinya menyambut umpan Trent Alexander-Arnold, masih menyamping di sisi kiri gawang Flamengo.

Seperti di babak pertama, Flamengo tetap tenang menghadapi tekanan Liverpool. Bahkan, Flamengo dua kali nyaris mencetak gol pada menit ke-53 lewat Barbosa.

Pertama, tendangan Barbosa masih melayang tipis di atas gawang Liverpool. Kedua, tendangan mendatarnya di kotak penalti dengan sigap ditepis kiper Alisson.

Di meniit ke-76, Salah mencetak gol usai menerima umpan Keita. Tapi, hakim garis mengangkat bendera tanda terjadi pelanggaran sehingga wasit menganulir gol Salah.

Liverpool terus menekan. Di menit ke-80, tendangan Alexander-Arnold masih tepat kepelukan kiper Diego Alves. Enam menit kemudian, Alves dengan gemilang menepis tendangan keras Jordan Henderson dair luar kitak penalti.

Pada menit ke-90+1, Liverpool mendapat hadiah penalti setelah Sadio Mane dilanggar Rafinha di kotak terlarang. Keputusan wasit Abdulrahman Al Jassim ini diprotes para pemain Flamengo.

Setelah meminta bantuan VAR, wasit akhirnya menganulir keputusannya dan hadiah penalti batal. Skor 0-0 hingga babak kedua berakhir membuat pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu
Liverpool benar-benar masih bertenaga pada babak perpanjangan waktu. Terbukti, pasukan Jurgen Klopp tersebut kembali tampil menekan.

Hasilnya, di menit ke-99 Roberto Firmino memecah kebuntuan. Berawal dari umpan jauh yang diterima Sadio Mane di kotak penalti, dengan tenang ia menyodorkan bola kepada Firmino.

Firmino dengan dingin mengontrol bola untuk mengecoh bek dan kiper Flamengo sebelum menceploskan bola ke dalam gawang. Gol! Skor 1-0 untuk Liverpool.

Liverpool tidak mengendurkan tekanan. Sementara itu, Flamengo mencoba mencetak gol balasan. Di menit ke-119, Flamengo mendapatkan peluang mencetak gol penyeimbang. Sayang, tendangan Lincoln di depan mulut gawang masih melambung.

Hingga laga berakhir, skor tidak berubah dan Liverpool pun berhak mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2019.

Susunan pemain
Liverpool: 1 Alisson, 4 V. van Dijk, 23 A. Robertson, 12 J. Gomez, 66 T. Alexander-Arnold, 14 J. Henderson, 15 A. Oxlade-Chamberlain (20 A. Lallana, 75), 8 N. Keita (7 James Milner, 100), 9 Roberto Firmino (27 D. Origi, 105), 11 Mohamed Salah, 10 S. Mane

Flamengo: 1 Diego Alves, 13 Rafinha, 16 Filipe Luis, 4 Pablo Mari, 3 Rodrigo Caio, 7 Everton Ribeiro (10 Diego, 82), 5 Willian Arao, 14 G. De Arrascaet (11 Vitinho, 77), 8 Gerson (29 Lincoln, 102), 9 Gabriel Barbosa, 27 Bruno Henrique

Sumber: Liputan6.com

Comment