Bettu Tak Lagi Seperti Dulu

Kondisi Bettu yang tidak tertata dengan baik

Kondisi Bettu yang tidak tertata dengan baik.

Sulengka.net — Daerah Irigasi Bettu Bettu terletak di Desa Dampang, Barombong, Bialo, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

Selain fungsi irigasi pertanian, bendungan yang terletak di Desa Dampang ini biasa digunakan warga untuk melakukan aktivitas, seperti bersantai akhir pekan. Pada tahun 2011 bendungan ini ramai dikunjungi warga untuk menikmati segarnya air sungai untuk berenang.

Beberapa warga Desa Dampang juga memanfaatkan lokasi tersebut untuk berjualan makanan, seperti pisang goreng, bakwan dan gorengan lainnya. Beberapa warga juga menyediakan jasa sewa ban untuk berenang di lokasi tersebut.

Bendungan yang dibangun pada tahun 1982 itu telah dijadikan sebagai tempat wisata desa. Bettu sempat populer sebagai salah satu wisata lokal yang cukup diminati warga Bulukumba.

Lalu bagaimana nasibnya kini?
Sulengka.net melakukan wawancara dengan salah seorang warga Desa Dampang yang rumahnya tidak jauh dari Bendungan Bettu, Rian Rifaldi.

Dia menyebutkan bahwa Bendungan Bettu tidak sepopuler dulu lagi. Pengembangan potensi wisata alam di Bettu tidak dikelola dengan baik.

“Harusnya dikelola dengan baik, supaya bisa bersaing dengan wisata alam lain. Bettu sudah dikenal baik olah publik. Tinggal pengembangan diberbagai sektor segera dilakukan,” kata dia.

Menurutnya, kurangnya pengunjung berdampak pada pedagang yang berada di lokasi tersebut. Alhasil, tidak ada lagi warga yang menjajakan dagangannya di Bettu.

Dia berharap potensi wisata alam di Bettu Desa Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba bisa dikelola dengan baik kedepannya.

“Tergantung Pemerintahan Desa, mau dikelola menggunakan dana desa atau dipihak ketigakan,” harapnya.

Meski sepi pengunjung, fungsi irigasi Bettu tetap berjalan dengan baik. Air masih tetap mengalir menuju lahan persawahan warga.

Pasang

Comment