Basmawati Haris, Literasi dan Kesabaran yang Berbuah Manis

Sulengka.net — Basmawati Haris telah membuktikan kesabarannya bergiat Literasi selama ini telah membuahkan hasil. Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 kategori masyarakat dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah diraihnya pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2019 di The Ballroom Jakarta Theater, Kamis, 5 September 2019.

Penghargaan sebagai dedikasi dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta mengupayakan peningkatan kegemaran membaca di Indonesia yang diraihnya itu, dipersembahkan untuk sahabatnya, yang telah membantu menebar virus literasi di Kabupaten Bulukumba.

Basmawati Haris saat berfoto bersama Menpan, Syarifuddin dan Najwa Shihab.

Dari Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 yang berada di areal Cekkeng Nursery itu, Basma telah mendedikasikan waktu selama 4 (Empat) tahun untuk menggeliatkan literasi di Bumi Panrita Lopi.

Perempuan kelahiran 21 Maret 1993 mengakui, bahwa mengajak seseorang untuk ikut, berkunjung dan bergabung dalam Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 tidaklah mudah. “Pastinya butuh kesabaran dan semangat kolaborasi untuk bisa bertahan,” kata dia pada Sulengka.net. Jumat, 6 September 2019.

“Alhamdulillah, selama ini banyak teman teman yang mau bekerja dan menjadi sukarelawan untuk membantu gerakan literasi di Kabupaten Bulukumba, sehingga berbaginya lebih mudah,” tutur Alumni MAN 2 Bulukumba itu.

Menurutnya, Tuhan telah mengabulkan mimpinya. Dia juga akan melakukan evaluasi pada rumah bacanya tersebut. Pasalnya, masih banyak yang harus diselesaikan, terus bergerak dan berkolaborasi bersama. “Banyak orang baik, yang akan membuat karya untuk Bulukumba,” tutup dia.

Penghargaan itu diberikan atas dedikasinya dalam peningkatan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang mengikuti acara tersebut memberikan apresiasi pada Basma.

“Saya juga mengharapkan dan mendorong generasi muda penggiat literasi dapat terinspirasi dan bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta stakeholder lainnya dalam upaya meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba, Siti Isniyah yang juga merupakan Bunda Baca Bulukumba berharap, muncul lagi “Basmawati” lain yang dapat mendorong upaya pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

“Penghargaan ini adalah hasil dari kerja-kerja ikhlas dan tulus yang telah dilakukan oleh gadis manis ini, dalam menyebarkan virus literasi kepada masyarakat. Selamat buat Basma, tetaplah menginspirasi bagi kita semua,” ungkap istri Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto ini.

Comment